Review Vex Robotics Crossbow Launcher: Belajar Prinsip Fisika Sambil Tembak-tembakan

| Oleh: George | 22 Jul 2017 - 7:00 PM
115
0
review mainan vex robotics crossbow

Ada satu lagi mainan konstruksi yang muncul di pasaran. Namanya Vex Robotics. Kenapa pakai embel-embel robotik? Karena sebenarnya mainan ini memang didesain untuk dapat dikembangkan menjadi mainan robotik. Tinggal pasang otak pengendali, jadi deh, mainan robotik.

Nah, kali ini kita bahas varian Crossbow Launcher dari Vex Robotics. Mainan ini pada dasarnya mengajarkan kita prinsip peluncur panah atau crossbow. Cuma asiknya, bukan sekadar bisa meluncurkan peluru dart yang terbuat dari foam empuk saja.

Tapi dengan merakitnya kita jadi benar-benar memahami prinsip dasar fisika seperti prinsip energi potensial. Bagaimana energi potensial yang tersimpan ketika dilepaskan bisa dipakai meluncukan peluru foam empuk tadi. Jadi enggak tau-tau bisa nembak doang.

fitur ajustable vex robotics crossbow

Buat yang suka mainan konstruksi yang identik dengan rakit-merakit, Vex Robotics Crossbow Launcher ini juga sangat menantang dan menyenangkan. Jangan keburu stress dengan jumlah part yang banyak (sekitar 150 buah parts) dan ada bagian-bagian pasak yang kecil. Yang penting teliti dan ikuti buku petunjuknya baik-baik.

Soalnya buku petunjuk perakitannya menurut Kupaman keren banget. Sangat jelas dan detail menjelaskan tiap langkah maupun jenis dan ukuran part yang dipakai. Kupaman yang baru pertama kali merakit mainan Vex Robotics pun larut dalam keseruan dan sampai lupa waktu, loh!

Buat yang belum familiar dengan mainan konstruksi, mungkin akan makan waktu perakitan yang cukup lama. Namun buat anak-anak kecil juga bisa jadi sebuah project yang menarik untuk dikerjakan bersama orang tua.

pengokang vex robotics crossbow

Setelah terakit, Vex Robotics Crossbow ternyata enggak mengecewakan. Kita mendapatkan sebuah crossbow model duduk yang kokoh. loh. Soal dimensi, panjang totalnya menurut pengukuran Kupaman adalah 26 cm sementara tingginya 19 cm. Asiknya walaupun crossbow ini model duduk alias statis, enggak seluruhnya statis.

Sebab derajat kemiringan Vex Robotics Crossbow ini bisa diatur lewat tombol putar berwarna merah yang berada di sebelah kiri depan. Derajat kemiringan ini akan berpengaruh terhadap arah luncuran dari peluru foam yang kita tembakkan.

Sementara itu, untuk mengokang, kita bisa memutar tombol merah di sebelah kiri belakang. Jumlah putarannya bisa diatur. Makin banyak putarannya, maka akan makin tegang peluncur dan lontaran peluru foam bakal makin jauh.

tuas peluncur vex robotics crossbow

Istilah fisikanya, makin banyak putaran yang kita lakukan, maka makin besar energi potensial yang tersimpan. Makin besar energi potensial yang tersimpan, ketika dilepaskan maka akan mendorong peluru foam makin jauh dan begitu pula sebaliknya. Selain itu kita juga jadi bisa mempelajari hubungan antara kemiringan Vex Robotics Crossbow dengan sudut luncuran peluru foam. Wah, pokoknya banyak yang bisa dipelajari deh!

Oh iya malah hampir lupa. Untuk meluncurkan peluru foam (kita mendapat 3 buah peluru), kita cukup mencungkil tuas di sebelah kanan. Berseberangan dengan tombol pengokang.

Vex Robotics Crossbow yang masih satu produsen dengan Hexbug ini dijual seharga Rp 379.900. Harga yang terbilang terjangkau untuk mainan konstruksi edukasi dengan jumlah part banyak dan kualitas tinggi.

Properti: Agata Promar

Skor Review
Repeat Play: 4/5
Perakitan/petunjuk: 4/5
Fitur: 4/5
Harga: 4/5
Overall: 4