Review BOOMco Crank Force: Memberondong Tanpa Batere Dengan Gaya Yang Unik

| Oleh: George | 24 Jan 2017 - 4:14 PM
172
0
mainan blaster boomco cranck force dalam kondisi terpisah

Ya, memang sudah lumayan lama Kupaman enggak mereview mainan blaster. Makanya kali ini sebuah mainan blaster yang cukup menarik Kupaman hadirkan dalam bentuk review mainan. Yaitu BOOMco Crank Force yang unik dan asik buat tembak-tembakan.

Pertama-tama, bentuk dari BOOMco Crank Force ini saja sudah menarik. Soalnya mirip-mirip dengan senapan serbu. Menurut Kupaman sih, ini gara-gara bentuk popornya yang berongga sehingga bikin sangar penampilannya. Apalagi ketika dibuka kemasannya (open box), mainan tembak-tembakan ini hadir masih terpisah-pisah seperti senjata yang terbongkar.

Untungnya cara memasang bagian-bagiannya sangat mudah tinggal plek aja. Baik itu popor ataupun tuas pengengkol crank-nya. Apalagi cuma masalah memasukkan peluru dan memasang magasin. Terutama buat yang sudah biasa memainkan mainan blaster, rasanya tak perlu lagi menengok petunjuk karena memang sangat simpel. Istilahnya tinggal snap on saja. Enggak perlu alat apapun!

pasang popor boomco crank force

Dilengkapi dengan magasin berdaya tampung sampai 8 peluru dan bentuk mirip senapan serbu mengindikasikan mainan blaster ini punya daya pukul cukup mumpuni. Secara naluriah kita akan segera beranggapan bahwa BOOMco Crank Force yang memiliki panjang total sekitar 53 cm ini mampu menghujani lawan main dengan peluru secara bertubi-tubi. Benarkah?

Nah, sebelum membahas hal tersebut, yang epik dari BOOMco Crank Force ini memang bukan cuma bentuknya. Kita memang tidak menemukan tempat untuk memasang batere karena BOOMco Crank Force memang tak memerlukannya. Tapi justru juga sesuai namanya yaitu crank Force, mainan ini dibekali dengan pengengkol untuk mengokang sebelum menembak. Dari sini saja, sudah nampak bahwa cara menembak dengan BOOMco Crank Force tergolong nyentrik dan beda banget dengan mainan blaster lainnya. Namun apakah cukup asik ketika dalam permainan?

Kupaman berani menjawab, iya. Dengan cara menembak yang mengharuskan kita memutar tuas engkol ke depan, maka gaya menembak kita jadi cukup epik. Seperti yang sudah disebut di atas, beda dengan mainan blaster lainnya. Belum-belum, kita sudah menang gaya duluan kalau pakai BOOMco Crank Force.

tuas engkol boomco crank force bisa dipasang di kanan atau kiri

Hal lain yang menarik dengan cara menembak dengan memutar tuas engkol ini adalah kita bisa memilih tembakan semi otomatis atau full otomatis alias bisa menyemburkan peluru sekaligus dalam jumlah banyak. Bahasa gampangnya, memberondong.

Caranya, dalam mode semi otomatis kita harus memutar tuas engkol sampai BOOMco Crank Force terkokang sempurna, lalu tekan picu. Maka sebutir peluru smart stick dart khas BOOMco akan melesat. Begitu seterusnya.

Tapi kalau kita mau memberondong lawan main kita, juga bisa, loh! Caranya, tekan terus picu alias ditahan. Lalu putar tuas engkol ke depan secara terus menerus. Maka dalam waktu relatif singkat delapan peluru dalam magasin akan terlontar dari ujung laras BOOMco Crank Force secara berurutan alias memberondong. Kecepatan berondongan peluru kita, ya tergantung seberapa cepat kita memutar tuas engkol.

menembak dengan boomco crank force

Rupanya BOOMco telah menemukan cara asik untuk membekali Crank Force dengan kemampuan memberondong tanpa memerlukan batere sama sekali. Serunya lagi, semuanya bisa kita lakukan dengan gaya khas yang tidak dimiliki oleh mainan blaster lainnya.

Mengenai masalah ergonomi, Kupaman rasakan BOOMco Crank Force yang dibanderol Rp 499.900 ini masih cukup enak digenggam walaupun bentuknya ala senapan serbu laras panjang. Masih ringkas dan terasa cukup ringan namun kokoh karena material plastik khas BOOMco yang berkualitas.

Rasanya walau sebelah tangan harus memutar tuas engkol, penembakan masih terbilang nyaman. Oh iya, untuk posisi pemasangan tuas engkol juga cukup fleksibel. Bisa ditempatkan di sebelah kiri atau kanan blaster sesuai kesukaan masing-masing. Kalau Kupaman sih, memilih tuas engkol di sebelah kiri karena Kupaman kidal untuk urusan membidik sasaran.

Sekalian ngomongin membidik, Kupaman merasa walaupun dilengkapi dengan popor yang cukup mensupport jika diletakkan di bahu, namun BOOMco Crank Force lebih ideal untuk penembakan memberondong dengan posisi blaster sejajar pinggang.

tempat peluru cadangan boomco crank force

Selain memaksimalkan kemampuan memberondongnya yang asik, juga lebih nyaman memberondong dalam posisi blaster sejajar pinggang, kok. Apalagi, walaupun pada bagian atas laras BOOMco Crank Force dilengkapi dengan pisir pembidik depan, namun posisi magasin yang menonjol (karena dimasukkan dari atas) apalagi ketika peluru masih penuh, cukup menganggu pembidikan. Lagian BOOMco Crank Force enggak punya pisir (pembidik) belakang juga, kok. Jadi enaknya main berondongan aja, deh nembaknya!

Sebenarnya BOOMco Crank Force ini punya tempat untuk menyelipkan peluru smart stick dart di bagian popornya. Tapi menurut Kupaman sih, bakalan lebih asik kalau sekalian ganti aja magasin standar berkapasitas 8 pelurunya dengan magasin BOOMco Clip and Ammo berkapasitas 20 peluru yang pernah Kupaman coba pada BOOMco Dynamag. Kalau aplikasi magasin BOOMco Clip and Ammo berkapasitas 20 peluru di BOOMco Dynamag aja bikin tambah seru, apalagi kalau dipasang di BOOMco Crank Force ya?

Simak juga yang tak kalah seru, Review BOOMco Slambow: Mainan Blaster Murni Dengan Gaya Crossbow.

Properti: Emway Globalindo

Skor Review
Repeat play/fun: 4/5
Jarak tembak: 4/5
Kokangan: 4/5
Tampilan: 4/5
Harga: 3,5/5
Overall: 4