Resensi Film Sherlock Gnomes: Petualangan Detektif Konyol dan Rekan Baperan Pecahkan Misteri Penculikan

| Oleh: George | 23 Mar 2018 - 6:00 AM
312
0
resensi film sherlock gnomes

Mahluk-mahluk gnomes yang biasa dibuat jadi patung hiasan taman lagi heboh! Soalnya secara misterius, banyak gnomes yang tiba-tiba menghilang dari taman-taman rumah di London. Rasa-rasanya enggak banyak yang bisa diandalkan selain Sherlock Gnomes, sang gnomes yang merupakan detektif kawakan.

Ya, kamu enggak salah duga! Sherlock Gnomes adalah nama pelesetan dari Sherlock Holmes, tokoh detektif terkenal karya Sir Arthur Conan Doyle yang di film ini juga menjelma jadi mahluk gnomes. Juga, kamu enggak salah duga kalau Sherlock Gnomes adalah sekuel dari Gnomeo and Juliet (2011). Bahkan karakter-karakter gnomesnya juga berasal dari Gnomeo dan Juliet.

Nah, para gnomes tadi memulai petualangan baru di kota London karena pemiliknya memutuskan untuk pindah ke Ibukota Inggris tersebut. Namun apa daya, baru saja menempati taman baru (yang masih acak-acakan) dan berniat membereskannya untuk menghadapi musim semi, para gnomes tersebut menghadapi ancaman yang tak terduga. Secara tiba-tiba Gnomeo dan Juliet mendapati para gnomes lainnya hilang!

review film sherlock gnomes

Hilang akal, sejoli yang baru saja diangkat jadi pemimpin para gnomes oleh Lord Redbrick, pimpinan para gnomes merah dan Lady Bluebury, pemimpin para gnomes biru tersebut harus menghubungi Sherlock Gnomes dan rekannya, Gnome Watson. Harapannya, mereka dapat menemukan kembali para gnomes yang diduga diculik.

Walau konon merupakan detektif kawakan, tak mudah bagi Sherlock Gnomes untuk memecahkan misteri tersebut. Sebab pelakunya sangat lihai dan seperti tak meninggalkan banyak petunjuk. Dari sinilah petualangan seru Gnomeo, Juliet serta Sherlock Gnomes dan Gnome Watson dimulai.

Ternyata sang terduga otak penculikan para gnomes memang sangat lihai. Bukan cuma mampu mengelabui Sherlock, juga banyak terjadi ketegangan antara Sherlock dan Watson dan juga antara Gnomeo dan Juliet!

Sejak awal, film animasi garapan bareng Paramount Animation, Metro-Goldwyn-Mayer, dan Rocket Pictures ini sudah menggoda. Walaupun gnomes memang lebih merupakan budaya Eropa dan agak jauh dengan budaya kita, namun tak menjadi halangan bagi kita untuk menikmati jalinan ceritanya. Apalagi buat yang sudah nonton Gnomeo and Juliet. Soal kualitas animasinya, walau enggak terasa wow (maklum temanya bukan action) tapi sesungguhnya apik banget. 

Sepanjang film kita diajak mengikuti petualangan para gnomes untuk memecahkan misteri. Tak jarang mereka menghadapi berbagai hal yang menegangkan, kadang juga konyol, tapi seru. Seiring mengalirnya cerita kita secara tak sadar menerima pesan-pesan mulia mengenai persahabatan, kesetiaan, kegigihan dan kejujuran. Asiknya semua terasa sangat alamiah tanpa menggurui karena teraduk sempurna dalam plot cerita yang memang ciamik.

ulasan film sherlock gnomes

Hal menarik lainnya dari Sherlock Gnomes adalah ternyata diproduseri musisi terkenal asal Inggris, Sir Elton John. Bisa ditebak, ilustrasi musik dalam film ini juga merupakan karya dari Elton John. Ditambah lagi, selain mengisi suara karakter Irene, Mary J. Blige juga “menyumbangkan” satu lagu tema untuk film Sherlock Gnomes ini. Sehingga walau bukan bertema musikal, Sherlock Gnomes memiliki music score yang keren.

Selain itu karakter-karakter di Sherlock Gnomes juga banyak diisi oleh aktor terkenal seperti James McAvoy (Gnomeo), Emily Blunt (Juliet),  Johnny Depp (Sherlock Gnomes), Chiwetel Ejiofor (Gnome Watson) dan lain-lain.

Tingkah laku para gnomes yang seringkali kocak merupakan hiburan sepanjang film, namun perilaku Sherlock yang cenderung angkuh tapi konyol dan Watson yang kadang baperan rasanya cukup asik untuk mengawal kita larut sampai akhir film.

Nah, dapatkah Gnomeo dan Juliet menemukan kawan-kawan gnomesnya dan apakah Sherlock Gnomes mampu membongkar otak dibalik peristiwa misterius ini sekaligus membekuk pelakunya? Kita saksikan saja di bioskop, ya!

Skor review: 4/5