Mega Man Mobile 1-6 Telah Dirilis, Lengkap Dengan Video Trailer

| Oleh: Yudi | 06 Jan 2017 - 6:00 PM
173
0
capcom resmi rilis mega man mobile

Akhir Desember kemarin, Capcom telah mengumumkan bahwa pihaknya akan merilis game Mega Man untuk smartphone. Tak hanya satu, melainkan setengah lusin alias enam judul langsung dirilis dalam waktu bersamaan. Mereka adalah kompilasi Mega Man 1–6 Mobile. Sesuai judulnya, game ini bisa dimainkan oleh smartphone berbasis Android atau iOS.

Kompilasi Mega Man 1–6 ini sebelumnya lebih dulu rilis untuk berbagai konsol, mulai PS4, Xbox One, Nintendo 3DS, hingga Windows PC melalui judul Mega Man Legacy Collection. Khusus untuk smartphone, Capcom juga terlebih dulu membuka event pra-registrasi yang memberikan penawaran spesial.

game mega man mobile bermasalah soal framerate

Dijanjikan rilis awal tahun 2017, enam judul game tersebut akhirnya dirilis pada tanggal 5 Januari kemarin. Keenam judul Mega Man Mobile ini bisa di-download melalui Play Store atau App Store. Sayangnya, ini adalah game berbayar; dengan harga Rp 29 ribu untuk tiap judulnya. Berbarengan dengan game-nya, Capcom Mobile juga merilis video trailer dari masing-masing judul melalui YouTube.

Jika melihat video trailer-nya, maka penggemar Mega Man tentu sudah sangat hafal dengan gameplay atau lagu-lagunya. Game mobile ini sebetulnya memang diangkat dari seri game Mega Man untuk konsol Famicom/NES yang dirilis selama tahun 1987–1993. Tak heran jika game mobile ini kemungkinan lebih banyak dimainkan oleh penggemar Mega Man dari tahun 90-an.

Bagaimana dengan game-nya sendiri? Kupaman memang belum sempat melakukan review, namun melihat beberapa komentar yang ada di Play Store, tampaknya Mega Man Mobile sedikit memiliki masalah dalam soal framerate. Dari komentar yang ada, nyaris semuanya setuju bahwa game ini seharusnya memiliki framerate yang lebih baik.

link download mega man mobile android dan ios

Masalah framerate ini diduga muncul karena Capcom menggunakan port lama dalam Mega Man Mobile. Port lama ini memiliki tingkat fps yang rendah dan tak kompatibel dengan framerate smartphone rata-rata saat ini. Akhirnya, game terasa bergerak sangat lama, tak mulus, dan patah-patah. Hal tersebut membuat player kurang bisa menikmati gameplay.

Capcom sebetulnya sudah mengantisipasi masalah framerate ini dengan memberikan opsi bagi player untuk mengatur game speed. Namun lagi-lagi pengaturan ini dirasa kurang signifikan dalam mengakali masalah framerate. Di luar masalah framerate, Mega Man 1–6 Mobile mendapat rating cukup baik; terutama dari soal musik dan gameplay yang dirasa mampu mengembalikan kenangan masa kecil.

Berikut link download Mega Man 1–6 Mobile.

Google Play Store:
Mega Man Mobile
Mega Man 2 Mobile
Mega Man 3 Mobile
Mega Man 4 Mobile
Mega Man 5 Mobile
Mega Man 6 Mobile

Apple App Store:
Mega Man Mobile
Mega Man 2 Mobile
Mega Man 3 Mobile
Mega Man 4 Mobile
Mega Man 5 Mobile
Mega Man 6 Mobile