Lho, Hot Wheels Skybusters Kok Capnya Matchbox? Begini Penjelasannya!

| Oleh: Willy | 23 Oct 2017 - 7:54 PM
173
0
hot wheels skybusters berlogo matchbox

Ini cerita dari akun Facebook resmi Hot Wheels Indonesia. Di lini masanya, ada seorang fans bertanya kenapa mainan die-cast Hot Wheels Skybusters yang dibelinya setelah dibuka dari kemasan dan diteliti, ternyata berlabel Macthbox. Wah, kenapa begitu, ya? Salah kemasan?

Ternyata enggak, kok! Begini penjelasan dari Hotwheels Indonesia via Facebook:

“Hot Wheels dan Matchbox sama-sama produksi MATTEL. Seri Skybusters (pesawat) awalnya hanya tersedia di Matchbox, kini tersedia juga di Hot Wheels."

hot wheels dan matchbox skybusters

Nah, walau penjelasan dari pihak Hot Wheels Indonesia secara resmi sudah jelas, tapi Kupaman mau nambahin sedikit nih biar pembaca sekalian tambah paham. Awalnya Sky Busters adalah seri pesawat yang dimiliki oleh Matchbox sejak tahun 1973. Matchbox sendiri adalah merek yang diperkenalkan oleh perusahaan Lesney Products, yang berpusat di Inggris sejak 1953.

Lalu kok bisa Matchbox jadi bagian dari MATTEL sehingga seri Skybusters juga ada versi Hot Wheels? Padahal Hot Wheels baru muncul tahun 1968, jauh lebih muda ketimbang Matchbox. Bahkan dulunya merupakan saingan, loh! Nah, begini ceritanya. Karena persaingan dan berbagai kesulitan yang mendera, akhirnya Matchbox bangkrut pada tahun 1982 dan dibeli oleh Universal Toys.

hot wheels dan matchbox skybusters sama-sama produksi mattel

Namun akhirnya Universal Toys juga menjualnya kepada Tyco Toys tahun 1992. Dari Tyco Toys ini akhirnya pada tahun 1997 Matchbox dibeli oleh Mattel yang merupakan perusahaan induk Hot Wheels sampai sekarang. Jadi enggak heran, karena Matchbox dan Hot Wheels sekarang satu atap, Skybusters yang tadinya merupakan varian Matchbox, sekarang juga ada varian Hot Wheels-nya.

Bahkan karena memang menggunakan model-model yang tadinya dirilis oleh Matchbox, bentuk dan nama varian-varian Hot Wheels Sky Buster juga sama dengan versi Matchbox. Hanya untuk warnanya yang berbeda.