Komunitas Godzilla Freakz Indonesia: Gengnya Pecinta Monster Raksasa

| Oleh: Kylo | 28 Nov 2016 - 1:00 PM
198
0
komunitas baru godzilla freakz indonesia

Acara AnimeToku Convention 2016 yang berlangsung di Mall Kuningan City Jakarta pada tanggal 5-6 November 2016 silam adalah debut bagi komunitas baru yang siap untuk berkembang. Komunitas tersebut adalah komunitas “Godzilla Freakz Indonesia.” Sesuai dengan namanya, komunitas ini didirikan oleh para pencinta franchise si raja monster, Godzilla. Godzilla adalah monster yang menjadi tokoh utama dari sebuah franchise film yang diproduksi oleh Studio Toho yang telah berusia lebih dari enam dekade.

Walau telah menghadirkan lebih dari puluhan film, Kupaman belum pernah menjumpai sebuah komunitas yang mengidolakan Godzilla di Indonesia hingga saat ini. Melalui AnimeToku Convention 2016, ternyata monster yang siap bertarung dengan King Kong di layar lebar pada tahun 2020 itu mempunyai sebuah komunitas di Indonesia yang baru berusia sekitar satu bulan lebih. Walau masih sangat muda, Godzilla Freakz Indonesia siap untuk meramaikan perhelatan-perhelatan berskala lokal yang mempertemukan berbagai komunitas yang ada di seluruh Jakarta dan Indonesia misalnya seperti AnimeToku Convention.

Godzilla Freakz Indonesia didirikan oleh tiga orang yang salah satunya adalah sosok yang sudah cukup populer. Ia adalah Riza Satyagraha, bossnya SACCA Production yang memproduksi beberapa event-event terkenal seperti Battle of the Toys, Toys Fair, Star Wars Day dan AnimeToku Convention. Melalui AnimeToku Convention 2016, Riza menceritakan kepada Kupaman mengenai sejarah berdirinya komunitasnya.

riza satyagraha godzilla freakz indonesia

“Komunitas Godzilla Freakz Indonesia ini adalah komunitas yang sangat baru, umurnya baru sebulan. Didirikan khusus untuk event AnimeToku,” ujar Riza yang saat itu meluangkan waktunya disela-sela kesibukannya memantau ajang tahunan AnimeToku Convention. Founding father-nya Godzilla Freakz Indonesia selain Riza ada dua orang lagi. Satunya lagi adalah sahabat dari Riza bernama Dipa Biomantara yang juga sama-sama kolektor dari mainan Godzilla dan juga berbagai macam monster-monsternya.

Karena masih baru, untuk saat ini Komunitas Godzilla Freakz Indonesia masih ingin mencoba fokus untuk menambah member sebanyak mungkin dan menjadi wadah bagi semua penggemar Godzilla yang ada di seluruh Indonesia. Visi dan misinya saat ini belum ada “Yang kita inginkan saat ini adalah berkenalan dengan para kolektor merchandise Godzilla yang ada dan melakukan kopi darat dan mendisplay koleksi masing-masing. Biar linknya makin lama makin banyak. Siapa tau, bisa bertukar informasi mengenai figur-figur Godzilla yang belum dimiliki oleh Godzilla Freakz Indonesia,” kata Riza yang semangat bahwa komunitasnya ini bisa berkembang dengan baik kedepannya.

Dibanding dengan komunitas-komunitas lain yang mengidolakan sosok-sosok superhero, baik itu dari serial animasi ataupun live-action seperti Tokusatsu. Pemilihan mengapai komunitas ini menyukai sosok yang notabene adalah monster raksasa yang suka menghancurkan kota ini memang tergolong unik. Riza menjawab dengan pasti mengapa ia menyukai karakter Godzilla dengan berkata “Karena memang karakter itu sudah ada sejak dulu pada saat kita masih kecil. Karakter ini unik karena selama berpuluh-puluh tahun tetap menggunakan kostum bukannya CGI, efek ini disebut sebagai suit-mation. Kita juga suka melihat karakter-karakter musuhnya yang bervariasi secara visual keren”.

Di booth komunitas Godzilla Freakz Indonesia di AnimeToku Convention 2016 lalu, memang dapat terlihat puluhan figure Godzilla dari bermacam lini dan dengan berbagai macam ukuran. Selain Godzilla juga ada monster-monster lainnya yang muncul di film-film Godzilla seperti King Ghidorah, Mecha Godzilla, Mothra dan lain-lain yang dipajang di beberapa etalase.

godzilla freakz indonesia fans godzilla indonesia

Untuk mendapatkan koleksi Godzillanya yang sangat beragam itu ternyata para pendiri komunitasnya kebanyakan hunting. Entah itu dengan berbelanja pada saat mereka ke keluar negeri, membelinya via online atau dengan ketemuan. Koleksi termahal yang dimiliki oleh komunitas saat ini menurut Riza adalah figur Godzilla yang ukurannya paling besar. Karena ukurannya yang memang luar biasa besar itu untuk membawanya harus dengan cara hand carry agar barangnya tidak patah. “Harganya bisa sekitar Rp 13 jutaan, kebetulan didapatnya di Indonesia. Ada kolektor yang masukin dua dan yang satunya itu untuk dijual,” ujar pria berusia 35 tahun itu.

Ketika Kupaman menanyakan kepada pria yang merupakan Sith Lord dari Order 66 SITH (Star Wars Indonesian Troopers Homebase) itu mengenai film Godzilla terbaru antara versi Legendary Pictures yang tayang di tahun 2014 dan Shin Godzilla yang merupakan semacam reboot dari franchise Godzilla di Jepang. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Trisakti itu mengatakan, “Walau baru hanya melihat trailernya, tapi secara visual Shin Godzilla keren banget. Sangar banget, kayak premannya Godzilla.” Sedangkan untuk Legendary Godzilla, Riza memberikan jawaban yang simpel dan jelas, yaitu “Saya lebih suka roots-nya yang Jepang.”

Karena komunitasnya yang masih sangat baru. Untuk saat ini Godzilla Freakz Indonesia ingin menambah jumlah anggotanya member dan suatu hari mungkin bakal mengadakan acara khusus seperti nonton bareng. Fanpage Godzilla freakz Indonesia memang belum dibuat tapi bagi kamu-kamu yang ingin ikutan gabung bisa email ke godzillafreakzindo@yahoo.com.