Keren! eSports Siap Jadi Cabang Olahraga di Olimpiade Paris 2024

| Oleh: Yudi | 12 Aug 2017 - 6:20 PM
189
0
esport akan jadi cabang olahraga di olimpiade paris 2024

Tahun 2020 mendatang, Jepang akan menjadi tuan rumah Olimpiade. Meskipun masih ada sekitar tiga tahun lagi, namun segala persiapan telah dilakukan. Contohnya kehadiran para karakter anime dan manga yang dijadikan duta sekaligus merchandise resmi Olimpiade Tokyo 2020.

Kejadian serupa juga dilakukan oleh Komite Olimpiade Perancis. Meskipun Olimpiade Paris baru berlangsung di tahun 2024, namun pihak komite tengah merencanakan untuk mendaftarkan sebuah cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan, yaitu eSports.

kompetisi game akan dimasukkan dalam olimpiade paris 2024

Esports sebetulnya bukan hal yang betul-betul baru. Olahraga "elektronik" yang erat dengan kompetisi game ini sebetulnya sudah hadir sejak tahun 70-an. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi dan kehadiran game online, eSports mulai memasuki era puncaknya di tahun 2000-an.

Adalah Tony Estanguet, selaku wakil presiden Komite Olimpiade Paris 2024 yang mengusulkan kehadiran eSports sebagai olahraga baru untuk memperebutkan medali. Menurutnya, generasi muda sangat menggemari eSports, sehingga hal ini pantas untuk diusahakan dan dicoba.

Meskipun dari awal pihak komite mendukung usulan tersebut, namun Estanguet tak ingin terburu-buru. Demi mendapat banyak masukan, Estanguet menjadwalkan beberapa pertemuan dengan perwakilan eSports. Kehadiran eSports dalam Olimpiade sebetulnya bukan hal yang sama sekali baru.

gamer akan jadi atlet esports di olimpiadi pareis 2024

Pada Olimpiade Rio 2016 kemarin, eSports sudah dihadirkan dalam bentuk pameran dan kompetisi melalui game Smite dan Super Smash Brothers Wii U. Tercatat ada delapan tim eSports yang mengikuti kompetisi tersebut. Namun kompetisi ini bukan untuk perebutan medali Olimpiade.

April kemarin Dewan Olimpiade Asia juga telah mengumumkan bahwa Asian Games 2022 akan mengadakan event perebutan medali pertama untuk eSports. Indonesia juga turut berpartisipasi dengan menggelar demonstrasi eSports pada Asian Games 2018 nanti.