Inilah Lokasi-lokasi di Dunia Nyata Yang Menjadi Inspirasi Film Anime Studio Ghibli (Bagian 1)

| Oleh: Yudi | 28 Aug 2017 - 4:32 PM
255
0
lokasi di dunia nyata jadi inspirasi fim animasi ghibli

Studio Ghibli dikenal dengan kemampuannya melahirkan film anime berkualitas. Tak hanya dari sisi cerita, Hayao Miyazaki selaku sutradara utama kerap menghadirkan dunia imajinasi yang indah dan menjadi ciri khas di setiap filmnya. Contohnya seperti film Spirited Away dan My Neighbor Totoro.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Miyazaki tak sepenuhnya "mengarang" dunia imajinasi tersebut. Dunia yang dihadirkan Miyazaki dalam film-film Ghibli ternyata diinspirasi oleh beberapa lokasi di dunia nyata. Apa dan dari mana saja lokasi itu berasal?

paronella park di australia jadi inspirasi film anime castle in the sky ghibli

Castle in the Sky — Paronella Park, North Queensland, Australia
Film produksi pertama Studio Ghibli ini menghadirkan cerita mengenai legenda Laputa, kerajaan yang ada di angkasa. Inspirasi nyata untuk film ini adalah sebuah kastil yang dibangun oleh petani lokal bernama José Paronella. Dikelilingi ratusan tumbuhan tropis, kastil ini sudah dibuka untuk umum sejak lebih dari 70 tahun lalu.

viby di swedia jadi inspirasi film anine kiki's delivery service ghibli

Kiki's Delivery Service — Visby, Swedia
Miyazaki mengunjungi Swedia pada awal 70-an untuk mengajukan proposal adaptasi Pippi Longstocking. Meski project tersebut tak terwujud, namun kenangan di Visby memberi Miyazaki inspirasi untuk menciptakan kota pelabuhan Koriko dalam film Kiki's Delivery Service. Selain Visby, kota Paris, Lisbon, Napoli dan San Francisco juga menjadi inspirasi kota Koriko.

tomonoura jepang jadi inspirasi film anime ponyo ghibli

Ponyo — Tomonoura, Perfektur Hiroshima, Jepang
Miyazaki menghabiskan waktu selama dua bulan untuk menggambar film Ponyo di kota pelabuhan ini. Tomonoura dan landmark terkenalnya (seperti Joyato Stone Lighthouse) menjadi inspirasi utama dalam film tersebut. Maka tak heran, jika mengunjungi lokasi ini rasanya seperti berada dalam film Ponyo.

kamikochi imperial hotel jadi inspirasi film anime the wind rises ghibli

The Wind Rises — Kamikochi Imperial Hotel, Matsumoto, Perfektur Nagano, Jepang
Lokasi ini memiliki arti sangat penting bagi Miyazaki. Tak hanya menjadi inspirasi, namun hampir seluruh cerita dari film The Wind Rises bermula dan terjadi di hotel ini. Kamikochi Imperial Hotel dibuka sejak 1933 dan masih beroperasi hingga kini.

Selain lokasi-lokasi di atas, masih ada beberapa lokasi keren lain yang jadi inspirasi film-film anime Studio Ghibli di Inilah Lokasi-lokasi di Dunia Nyata Yang Menjadi Inspirasi Film Anime Studio Ghibli (Bagian 2-Tamat).

.