Inilah Fakta-fakta Pelumas Untuk Bearing Fidget Spinner

| Oleh: Willy | 21 Jun 2017 - 4:37 PM
982
0
fakta pelumas bearing fidget spinner

Menyambung artikel sebelumnya yaitu Ingin Pakai Pelumas Buat Bearing Fidget Spinner? Baca Dulu Yang Satu Ini!, kita sudah sama-sama mengetahui bahwa penggunaan pelumas pada bearing Fidget Spinner tidak selalu menguntungkan. Yang paling nyata, lamanya putaran atau spin time Fidget Spinner jadi melorot.

Namun bukan berarti penggunaaan pelumas pada Fidget Spinner tak ada manfaatnya sama sekali. Melainkan memang bukan untuk memperlama spin time Fidget Spinner. Nah, ini dia fakta-faktanya:

bearing fidget spinner berbahan metal sebenarnya sudah dilengkapi pelumas

Bearing Sudah Dilengkapi Pelumas Bawaan
Bearing Fidget Spinner yang berbahan logam dari pabriknya sudah hampir pasti sudah diberi pelumas kental yang bernama grease alias gemuk. Kecuali Fidget Spinner kita dilengkapi dengan bearing metal yang berkualitas buruk, bisa jadi tak ada pelumasnya sama sekali. Jadi jika bearing Fidget Spinner kita belum diapa-apakan, sebenarnya enggak perlu dilumasi lagi.

Lalu kenapa bearing berbahan logam perlu dilumasi dari pabriknya? Fungsi dasarnya untuk mencegah kontak langsung antar logam yang bisa membuat aus. Namun hal ini nampaknya lebih ditujukan untuk perlindungan pada kondisi bearing menanggung beban seperti pada bearing roda kendaraan bermotor atau bearing roda skateboard. Pada penggunaan bearing untuk Fidget Spinner, beban bearing bisa dibilang sangat minim, kok!

Mencegah Karat
Khasiat utama pelumas pada bearing Fidget Spinner adalah untuk pencegah karat. Karena itu penggunaan pelumas pada bearing Fidget Spinner hanya disarankan untuk yang berjenis logam. Itu pun jika sudah dicuci dengan sabun cuci piring atau bensin untuk meningkatkan spin time-nya. Sementara untuk yang berbearing hybrid atau full keramik, penggunaan pelumas justru tidak disarankan.

pelumas bisa meredam getaran fidget spinner

Meredam Suara
Penggunaan pelumas pada bearing Fidget Spinner memang dapat meredam suara berisik. Tak heran pada bearing Fidget Spinner yang sudah dicuci dengan sabun atau bensin, suaranya cenderung berisik walau spin time Fidget Spinner jadi meningkat.  Sebenarnya sih suara Fidget Spinner enggak jadi berisik-berisik amat,  tapi kalau ingin suara bearing lebih adem dan tidak terlalu berisik, setelah bearing dicuci bisa diberi sedikit pelumas.

Meredam Getaran
Walau mencuci bearing Fidget Spinner berbahan logam dengan cairan cuci piring atau bensin bisa menambah lamanya putaran Fidget Spinner, ada efek samping lain yang timbul selain suara berisik, yaitu timbulnya getaran pada bearing. Nah, buat yang enggak suka dengan getaran ini, penggunaan pelumas pada bearing Fidget Spinner bisa sedikit meredam getaran.

Nah, itulah fakta-fakta yang sebenarnya mengenai pelumas Fidget Spinner. Jadi penggunaan pelumas pada bearing Fidget Spinner tidak akan menambah lamanya putaran Fidget Spinner alias spin time. Jadi, jangan salah kaprah, ya!

Selanjutnya, simak Tips Fidget Spinner: Begini Cara Memberi Pelumas Pada Bearing Fidget Spinner.