Ini Alasan Dihentikannya Penerbitan Komik Fantastic Four Oleh Marvel Menurut Kreatornya

| Oleh: Yudi | 11 Aug 2017 - 5:56 PM
504
0
alasan komik fantastic four dihentikan

Di antara jajaran superhero Marvel, tampaknya perjalanan Fantastic Four terbilang cukup kelam. Beberapa kali hadir dalam layar lebar, tim berisi empat jagoan ini dinilai tak mampu meraih rating tinggi. Namun studio 20th Century Fox masih berusaha membuat kelanjutan filmnya.

Dampak rating ternyata cukup berpengaruh dalam hal lainnya, yaitu pembuatan komik. Meraih sukses sejak tahun 1961, komik Fantastic Four memiliki perjanalan cukup panjang. Namun di tahun 2014, Marvel akhirnya menghentikan kelanjutannya.

alasan penghentian komik fantastic four

Jonathan Hickman (penulis komik Fantastic Four yang membawa mereka ke era modern pada tahun 2009) akhirnya buka suara terkait penghentian tersebut. Rendahnya rating film memang punya pengaruh, namun hal ini bukan satu-satunya alasan Marvel menghentikan komik Fantastic Four.

"Tentu penggemar sudah menduga dan mengetahui apa yang terjadi selama ini. Hingga kini Marvel tak kunjung merilis Fantastic Four karena masalah perjanjian dengan Fox," jelasnya. Hickman pun menyayangkan sikap Marvel yang seolah menjadikan rating film sebagai kambing hitam.

Pendapat Hickman cukup berdasar, karena Fantastic Four memang menjadi salah satu kejutan terbesar box office tahun 2015. Lebih lanjut, Hickman juga tak setuju dengan pendapat Marvel yang menyebutkan bahwa konsep dan ide dari Fantastic Four sudah ketinggalan zaman.

film fantastic four terakhir tak sukses di pasaran

Menurut Hickman, penjelasan paling logis di balik berhentinya penerbitan komik Fantastic Four adalah perseteruan lisensi antara Marvel dan Fox. Seperti yang telah diketahui, hingga kini Fox masih memegang hak siar atas X-Men (termasuk Deadpool) dan Fantastic Four.

Namun Hickman percaya masih ada sebab lain di balik berhentinya komik Fantastic Four di luar rating film dan perseteruan. Untungnya masalah ini tampaknya hanya terjadi ke Fantastic Four. Karena hingga kini, Marvel masih tetap menerbitkan kelanjutan komik X-Men dan Deadpool.

.