Game Boy Raksasa Karya Mahasiswa Belgia Ini Pecahkan Rekor Guinness World Record

| Oleh: Yudi | 25 Sep 2017 - 6:00 PM
67
0
game boy terbesar di dunia

Game Boy menjadi salah satu konsol handheld milik Nintendo yang legendaris. Dirilis pada tahun 1989, popularitas konsol 2-bit ini tak kalah dengan konsol handheld modern Nintendo lainnya, seperti New 3DS atau Switch. Namun awal tahun 2000-an, produksinya akhirnya dihentikan.

Demi alasan nostalgia, banyak penggemar Nintendo yang mencoba "menghidupkan" kembali konsol Game Boy dengan berbagai cara. Di antara banyak cara, mungkin cara yang dipilih mahasiswa asal Belgia ini adalah yang terunik sekaligus terbesar.

game boy raksasa karya mahasiswa belgia

Pria bernama Ilhan Ünal ini membuat Game Boy yang berstatus sebagai konsol handheld menjadi konsol raksasa. Dengan kemampuannya di bidang pengembangan perangkat keras dan lunak, dia berhasil membuat replika Game Boy berukuran raksasa yang sepenuhnya berfungsi dan bisa dimainkan.

Game Boy ini memiliki dimensi 1.01 meter x 0.62 meter x 0.2 meter dan tercatat dalam Guinness World Record sebagai Game Boy terbesar di dunia. Agar bisa berfungsi dengan baik, konsol ini dibekali dengan sebuah single-board komputer dan Game Boy asli yang dihubungkan dengan kabel.

game boy terbesar di dunia guinness world record

Seluruh cartridge bisa dimainkan dalam Game Boy raksasa ini. System Link untuk multiplayer pun sudah dipasang. Namun tentu saja butuh ruangan yang cukup lega dan sedikit usaha lebih untuk bermain. Ilhan menghabiskan sekitar seminggu untuk menyelesaikan karya ini.

Ilhan mengaku bahwa Game Boy adalah bagian dari masa kecilnya, dan dirinya sangat terobsesi dengan Game Boy. "Saya ini membuat sesuatu yang bisa menghadirkan senyum di wajah Ilhan-Ilhan kecil lainnya dan semua yang masih memiliki jiwa masa kecil.", ujarnya.