Capcom Buka Suara Terkait Masa Depan Game Mega Man

| Oleh: Yudi | 18 Dec 2017 - 5:01 PM
183
0
mega man 11

Penggemar Mega Man tentu bersukacita pasca diumumkan bahwa serial game Mega Man X akan hadir di multi-platform dan Mega Man 11 siap dirilis Capcom tahun depan. Hal ini menjadi begitu istimewa setelah hiatus sekitar tujuh tahun dari hiruk-pikuk peredaran dunia game. Capcom seolah memberi tanda jika Mega Man akan memulai era barunya pada 2018 nanti. Pihak Capcom menjelaskan setidaknya lima hal terkait posisi dan kelanjutan Mega Man di masa mendatang.

Jarak hiatus yang terlalu jauh
Pihak Capcom memulai dengan penjelsan mengapa jarak hiatus antara Mega Man 10 dan Mega Man 11 begitu lama. Jawabannya tak lain adalah perginya pimpinan kreatif, Keiji Inafune, yang menciptakan kekosongan dan otomatis memaksa Capcom membatalkan seluruh project Mega Man.

"Sejujurnya, keadaan menjadi sangat sulit ketika Inafune pergi. Dia memiliki banyak ide brilian yang sangat membantu. Terlebih lagi sulit untuk menemukan orang yang betul-betul ingin bekerja untuk mewujudkan Mega Man.", ujar produser Mega Man 11, Kazuhiro Tsuchiya.

mega man 11 kebangkitan mega man 7

Arti Mega Man bagi Capcom
Tak perlu diragukan jika Mega Man adalah karakter paling ikonik yang dimiliki Capcom. Sayangnya waktu hiatus yang terlalu panjang menyebabkan keberadaan si robot biru ini tergeser oleh franchise lain, seperti Resident Evil dan Monster Hunter. Namun Mega Man tetap menjadi hal penting bagi Capcom.

Direktor utama Mega Man 11, Koji Oda, menegaskan bahwa Mega Man adalah salah satu pilar penting bagi Capcom. "Inafune adalah sosok penting yang mampu membuat Mega Man sukses. Namun Mega Man adalah harta karun yang harus dijaga dan tak boleh dibiarkan begitu saja hanya karena seseorang pergi.", tambahnya.

Mempertahankan ciri khas
Seperti kebanyakan game yang muncul di era akhir 80-an, Mega Man termasuk dalam game ber-genre platform. Hal ini rupanya menjadi ciri khas yang tetap dipertahankan hingga ke Mega Man 11. Namun faktanya, Capcom juga banyak melakukan pertimbangan demi menghadirkan sesuatu yang beda untuk game Mega Man.

Oda menjelaskan bahwa pihaknya sudah melalui diskusi berat dan panjang hingga mencapai kesepakatan final untuk Mega Man 11. "Tim bertanya apakah kami harus membuat judul baru yang betul-betul berbeda? Namun akhirnya kami memutuskan untuk menamainya semudah mungkin dan memberitahu orang bahwa ini lah yang sudah kalian nantikan."

 

mega man 11 capcom

Kemungkinan hadirnya Mega Man 12
Penggemar tentu berharap petualangan Mega Man tak terhenti di Mega Man 11. Meskipun begitu, kelanjutan sebuah serial ditentukan oleh kesuksesan pendahulunya. Capcom belum bisa menjanjikan Mega Man 12, namun mereka berharap agar Mega Man 11 bisa menjadi permulaan comeback yang gemilang.

"Ini bukan sebuah uji coba. Ini adalah tentang memberikan semua yang kami tahu dan miliki ke dalam sebuah project dan mewujudkannya. Sejak awal project, saya ingin Mega Man 11 menjadi sebuah kebangkitan yang bisa dinikmati penggemar lama dan membuat mereka berkata bahwa Mega Man akhirnya kembali!", ujar Tsuchiya.

Seri Mega Man X dan Mega Man Legends
Selain Mega Man 11 sebagai seri terbaru, Capcom juga merilis ulang seri Mega Man X untuk multi-platform tahun depan. Artinya, belum ada isu apakah seri Mega Man X juga mendapat judul terbaru atau selesai di Mega Man X8. Terlebih lagi Mega Man Legends, yang terkesan dianaktirikan.

Menurut Oda, pihaknya ingin lebih dulu menunjukkan kesungguhan dalam membangkitkan franchise Mega Man. "Saya percaya bahwa aksi lebih penting dari bicara. Namun saya juga senang membaca survey dan sangat memperhatikan mereka yang menginginkan sesuatu yang baru untuk Mega Man Legends dan Battle Network."